Kamis, 15 November 2012

Hua Tuo, Sang Bapak Pembedahan

Hua Tuo seorang dokter dari Dinasti Han Timur. Ia ahli dalam bidang ginekologi, penyakit dalam, pediatrik dan cacing parasit di usus. Akan tetapi, prestasi terbesarnya ialah pembedahan. Ia dikenal sebagai Bapak Pemebedahan dan Tangan Suci pembedahan.
Ia memulai anestesi umum pembedahan di perut 1600 tahun sebelum pembedahan pertama yang sukses dengan anestesi umum yang dicatat dalam pengobatan barat tahun 1848.
Pada waktu itu, Hua Tuo sudah terlibat dalam pengangkatan tumor dan pembedahan di perut dan usus. Ketika akupunktur dan obat ( yang di maksud adalah herbal ) gagal, ia akan melanjutkan dengan pembedahan. Anastesi pasien menggunakan arak. Hebatnya, luka operasi, yang hanya di olesi balsam herbal, bisa sembuh dalam empat atau lima hari, dan pasien akan sembuh total dalam sebulan.
Hua tuo juga ahli dalam penyakit cacing parasit usus. Ia menemukan bahwa memakan makanan mentah merupakan biang keladi dalam penyakit cacing parasit usus. Ia memberi pasiennya pencahar agar memuntahkan cacing parasit dan mereka sembuh.
Hua Tuo menyusun pengalaman medisnya dalam buku Book of The Black Bag ( Buku Kantung Hitam ), tapi buku itu hilang setelah kematiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar