Kamis, 15 November 2012

Zhang Zhongjing, Nenek Moyangnya Obat dan Resep

Zhang Zhongjing hidup pada masa dinasti Han Timur. Ia menjadi dokter setelah menyaksikan kehancuran setelah terjadi epidemi demam. Tercatat sebanyak 70 % dari 200 orang klan Zhang Zhongjing meninggal karena wabah itu.
Zhang Zhongjing pernah menjadi pejabat istana, namun panggilan jiwanya sebagai pengobat, mendorongnya untuk memberi pelayanan kesehatan terhadap  rakyat jelata. Padahal ada peraturan istana yang melarang pejabatnya untuk berkunjung dan berinteraksi setiap hari dengan rakyat jelata. Maka, Ia hanya membuka praktek pengobatan setiap tanggal 1 sampai 15 tiap bulannya. Karena kemampuam medis yang dimilikinya, prakteknya selalu dibanjiri pasien dari pelosok negeri.
Menurut legenda, pangsit, makanan tradisional china yang sekarang sering di padu padankan dengan mi ayam, di temukan oleh Zhang Zhongjing. Awalnya adalah karena keprihatian Zhang Zhongjing kepada rakyat jelata yang menderita kala musim dingin tiba. Lalu ia membungkus daging kambing, cabe dan tanaman obat penghangat dalam kulit adonan. Kemudian kulit adonan beserta isinya  direbus sebelum di berikan kepada rakyatnya.  Adapun khasiatnya adalah menghangatkan tubuh, meningkatkan aliran darah dan menghilangkan rasa sakit dan beku dalam telinga. Adonan itu disebutnya sebagai “ sup penghangat telinga “ yang kemudian disebut pangsit.
Zhang Zhongjing menyusun pengalaman medisnya dan menulis 16 volume Treatise on Febrile and Miscellaneuous Diseases ( Traktat Penyakit demam dan lainnya ). Ini merupakan buku pertama di China yang menggabungkan teori dan pengalaman medis dan memberikan analisis tentang penyebab, gejala, perkembangan dan metode penanganan penyakit akut sesuai dengan teori 6 meridian.
Lebih dari 300 resep dan kemnjurannya di catat dalam buku itu. Orang menyebut resep itu “resep klasik “. Bukunya juga memberi Zhang Zhongjing gelar “ Nenek Moyang resep” dan “ Nenek Moyang Obat “. Praktisi pengobatan China masih menggunakan resep aslinya untuk mengobati penyakit saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar