Kamis, 15 November 2012

Bian Que, dokter pertama yang tercatat dalam sejarah China

Bian Que adalah seorang dokter yang terkenal pada Periode Negara-negara berperang. Ia memperkenalkan Empat Diagnosis penyakit yakni pengamatan, analisis suara dan bau, wawancara dan pemeriksaan nadi. Sampai sekarang empat diagnosis itu masih dipakai para praktisi akupunktur dan herbal ( Shinshe ).
Bian Que adalah murid dari Chang Sangjun dalam bidang pengobatan. Menurut legenda, Chang Sangjun memberi Bian Que obat yang membuatnya bisa melihat organ ZangFu ( organ dalam pada teori kedokteran Cina-red) Si Pasien selama berkonsultasi.
Bian Que seorang dokter yang total dalam bidang medis. Ia sangat Ahli dalam pengobatan dalam, pembedahan, ginekologi ( kandungan ), pediatrik ( anak) dan lain sebagainya. Ia juga mampu menyesuaikan keterampilannya dengan kebudayaan dan kebutuhan orang-orang di daerah-daerah tertentu. Di Handan, daerah yang sangat menghargai wanita, ia menjadi ginekolog sementara di Luoyang, daerah yang sangat menghormati orangtua, ia menjadi spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan ) dan ketika di Xianyang, daerah dimana anak-anak begitu dicintai, Bian Que berpraktik sebagai dokter spesialis anak.
Bian Que menulis Internal Classics of Bian Que dan Eksternal Classics of Bian Que, yang kemudian hilang. Satu-satunya buku yang selamat ialah Classic on Medical Problems. Buku ini menjelaskan teknik pengambilan denyut nadi.
Namun, ketenaran dan keterampilannya membuat cemburu dokter kerajaan Li Xi dari Negara Qin, yang kemudian menyuruh orang membunuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar