Minggu, 02 Desember 2012

Mengatasi Bayi Sungsang dengan Akupunktur



Sampai sejauh ini tidak banyak yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi bayi sungsang terutama jika usia kehamilan yang semakin tua dan ukuran janin yang semakin bertambah besar. Salah satunya yang mungkin akan dilakukan oleh dokter adalah dengan cara memutarnya dari luar External Cephalic Version (ECV). Cara ini sangat tergantung dari keahlian dokter ybs namun sekarang sudah tidak dianjurkan lagi mengingat resikonya yang cukup besar.



Namun ada satu metode yang cukup aman untuk di coba. Metode yang dimaksud adalah moksibasi  terhadap titik akupunktur tertentu. Meski sebenarnya penggunaan jarum juga bisa untuk mengembalikan posisi janin yang sungsang, namun moksibasi atau pemanasan pada titik akupunktur terpilih menjadi pilihan paling nyaman bagi ibu melahirkan. Pengalaman klinik sejauh ini membuktikan, moksibasi pada titik akupunktur terpilih sangat efektif untuk merangsang bayi untuk berputar menempati posisi yang seharusnya. Umumnya, moksibasi selama 20 sampai 30 menit sudah cukup untuk membuat bayi merespon dan bergerak menuju posisi yang normal. Namun ada kalanya, perubahan posisi bayi terjadi keesokan hari setelah proses moksibasi di lakukan.
Walaupun mekanisme kerja akupunktur dalam reposisi janin dengan letak sungsang belum sepenuhnya dipahami oleh para ahli namun pada banyak kasus akupunktur terbukti efektif dalam membantu mengembalikan posisi janin yang abnormal tersebut. Akupunktur juga dinilai sangat aman karena tidak memanipulasi janin secara langsung sehingga tidak beresiko menimbulkan lilitan pusat atau ruptur plasenta yang bisa terjadi pada tindakan ECV yang tidak tepat. Akupunktur juga dapat meningkatkan sekresi endorphin dalam darah ibu sehingga membuat lebih rilek, sehat dan nyaman serta siap untuk menghadapi proses persalinan.


Adapun titik yang di rekomendasikan adalah titik akupunktur meridian Kandung Kemih nomer 67 atau yang di singkat BL 67, dan di namai dalam versi chinanya dalah Zhiyin. Lihat gambar di bawah.
metode moksibasi
BL 67-Zhiyin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar