Selasa, 27 November 2012

Tips Mengatasi Sembelit

Sembelit memang bukan suatu penyakit, tapi suatu gejala yang umumnya muncul menyertai penyakit. Sembelit, yang dalam istilah medis disebut konstipasi, adalah suatu gejala kesulitan dalam buang air besar. penyebab sembelit beragam, bisa karena kurang makanan berserat ( buah dan sayuran ), terlalu banyak duduk, terlalu banyak meminum kopi atau kurang minum. sembelit juga bisa disebabkan faktor usia dan adanya panas dalam tubuh.

Untuk mengatasi sembelit, umumnya masyarakat menggunakan obat pencahar, seperti garam inggris atau bisa juga dulcolac, namun pemakaian rutin obat pencahar sangat tidak di sarankan, termasuk minuman yang sering di iklankan, yang konon bisa mendorong kotoran yang mampet di usus. Selain memperbaiki pola makan dan kebiasaan sehari-hari, sembelit sebenarnya bisa di atasi dengan ramuan tradisional yang lebih toleran terhadap tubuh tanpa menimbulkan efek samping yang kurang baik di kemudian hari.
Berikut ini resep sederhana bagi Anda yang menderita sembelit, semoga membantu masalah yang  Anda alami.


Bahan :
2 buah wortel

Cara pembuatan :
Wortel di cuci bersih, kemudian di parut dan ditambahkan 2 sendok makan air matang dan sedikit garam. peras dan tampung airnya dalam gelas.

Cara Penggunaan :
Minum ramuan 2 kali sehari


Nah demikian resep sederhana bagi Anda yang mengalami sembelit. Selain bahan yang mudah di dapat, proses pembuatannya pun tidak rumit bukan ? Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar